Cara Menanam Strawberry dari Biji - tamanbenih.com
tamanbenih.com

cara menanam Strawberry dari biji

Sunday, October 20th 2013.

Menanam strawberry dari biji

tanaman strawberry

 

 

 

Menanam strawberry menggunakan sulur-sulurnya akan lebih mudah dibandingkan menanam strawberry dari biji. Namun, karena dorongan hati dan rasa penasaran yang tinggi akhirnya saya mencoba menanam strawberry dari biji.

Buah khas strawberry ini berasal dari Amerika dan dikembangbiakan dengan baik di daerah Amerika Utara untuk jenis Fragaria Virginiana yang terkenal akan rasanya dan Amerika Selatan, Chile untuk jenis Fragaria Chiloensis untuk ukuran besarnya. Nama Fragaria diambil dari kata ”Fragans” yang artinya harum yang merujuk dari bau harum buah strawberry.

Beberapa etimologi dari kata Strawberry antara lain; dari kegiatan tukang kebun dengan menggunakan sedotan ”straw” untuk menanam buah ini dan melindungi dari proses pembusukan atau juga dapat berasal dari jaman Anglo-Saxon dimana kata kerja untuk menaburkan “Strew”(maksud/arti untuk menyebar di sekelilingnya) yang adalah ”Streabergen” (Strea berarti ” menaburkan” dan Bergen berarti biji atau buah). Kemudian streberie, straiberie, strauberie, straubery,  strauberry, dan akhirnya menjadi ”Strawberry”. Nama ini disinyalir karena faktanya bahwa bibit / biji dari buah ini ditaburkan ( Strewn ) sepanjang tanah.

Dalam sejarah Yunani kuno, buah yang satu ini diangkat resmi sebagai lambang dewi Cinta karena keberadaannya luar dalam. Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa, dan kebolehan buah ini. Sejak itulah buah ini menjadi terkenal. Dari segi fisiknya terbilang cantik, menggiurkan, feminin, sensitif dan manis, seperti layaknya seorang wanita. Maka, banyak orang menyebut buah strawberry dengan buah cinta.

strawberry

Manfaat strawberry :

Menyusutkan kadar kolesterol
Potassium di dalamnya merupakan salah satu mineral yang disarankan untuk ada dalam pola menu orang yang ingin menurunkan tekanan darah. Makan strawberi bisa membantu, karena satu gelas stroberi mengandung sekitar 270  miligram potassium. Jumlah yang sama juga menyumbang sekitar 4 gram serat, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernaan.

2. Mencegah kanker
Membantu melumpuhkan kerja Aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya. Vitamin A yang terdapat di dalam buah ini, dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas, vitamin C menjaga reaksi bahaya di dalam sel, vitamin E can asam ellagic akan bertugas melindungi dinding sel dari kerusakan karena radikal bebas.

3. Mencegah Leukimia
Buah strawberry juga memiliki efek terapi yang sangat baik untuk mencegah penyakit leukimia, anemia (kurang darah) dan penyakit darah. Dua macam zat yang terkandung di dalamnya, “stroberi amine” clan “asam tanae,, memiliki efek  mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.

4. Dapat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih.
Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi strawberry, paling tidak satu sampai tiga cangkir.

5. Anti Aging
Buah lambang cinta ini ternyata juga memiliki konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Karena kandungan vitamin BI, B2, C dan Provitamin A pada strawberry dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih serta dapat mencegah terjadinya pengeriputan pada kulit. Hmm.. bisa membuat pasangan semakin cinta niy.. ;)

6. Mengencangkan Kulit
Strawberry yang dimakan teratur dapat mengencangkan, menghaluskan, serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Selain dengan mengonsumsinya secara teratur tidak ada salahnya Anda mencoba resep ‘homemade’ lulur stroberi ini agar kulit Anda lebih ‘kinclong’. Siapkan 3 buah stroberi segar, 3 sendok makan madu, 3 sendok makan baking soda, 3 sendok makan gula pasir, beri sedikit air. Kemudian blenderlah semua bahan tadi hingga lembut. Stroberi akan membuat kulit Anda halus dan wangi, madu dipercaya mengandung banyak vitamin E, baking soda akan membantu membersihkan kulit, sedangkan gula yang berbentuk butiran akan bekerja seperti scrub yang akan  membantu mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati pada kulit Anda.

7. Cocok bagi pengidap diabetes
Buah ini hanya sedikit mengandung gula sehingga aman bagi penderita diabetes. Antosianin tergolong dalam komponen flavonoid. Senyawa ini merupakan pigmen pemberi warna merah pada stroberi. Anthocyanin memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah serta melindungi terhadap masalah-masalah yang disebabkan oleh diabetes.

8. Memutihkan Gigi
Dapat dijadikan sebagai pemutih gigi, dengan menghancurkannya kemudian di tempelkan pada gigi selama satu atau dua menit, kemudian gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.

strawberry-garden

Menanam strawberry akan lebih baik bila ditanam di dataran tinggi, namun tidak mustahil pula menanam strawberry di dataran rendah, prinsipnya untuk tumbuh strawberry paling tidak harus mendapat sinar matahari paling tidak 6 jam sehari dan mendapat air yang cukup, jadi tidak ada salahnya baik tinggal di dataran rendah maupun tinggi mencoba menanam strawberry, berikut langkah-langkah menanam strawberry dari biji :

  1. Rendam biji strawberry dalam air hangat selama 12-24 jam untuk merangsang pertumbuhan, bisa juga dilakukan cold stratifying yaitu dengan meletakan biji di atas kapas atau tissue lalu dimasukkan plastik ziplock dan dimasukan ke dalam kulkas selama 2-4 minggu. Biasanya saya hanya merendamnya saja.
  2. Siapkan media tanam, bisa menggunakan campuran tanah, kompos, sekam dengan perbandingan 1:1:1 atau dengan media tanam yang lain.
  3. Siapkan tempat tanam usahakan berlubang bagian bawahnya, bagian bawah diberi potongan kertas bekas (agar media tidak keluar dari lubang pot tetapi air bisa tetap mengalir ke luar) lalu isikan media tanam kira-kira 3/4 bagian.
  4. Taburkan biji di atas permukaan media, untuk mempermudah meletakkan biji dan agar tidak saling menempel satu sama lain karena basah setelah direndam, bisa dicampur dan digosok-gosok dengan sedikit pasir atau tanah kering atau dengan dilap tissue.
  5. Setelah itu beri sedikit lapisan tanah di atas benih yang di tabur
  6. Siram atau basahi media yang telah ditaburi benih dengan sprayer
  7. Tutup pot semai dengan plastik bening untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelambapan media tanam.
  8. Letakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan air hujan secara langsung
  9. Cek teratur kelambapan media tanam jangan sampai terlalu basah atau terlalu kering
  10. Bila sudah tumbuh lepas penutup plastik.
  11. karena tunas strawberry kecil dan rentan terhadap air, hati-hati saat menyiram, siram dengan sprayer halus atau dengan meletakkan tatakan berisi air di bawah pot, nanti dengan sendirinya air akan perlahan-lahan naik keatas media.
  12. Jangan terburu-buru memindah starberry yang baru tumbuh, walaupun bila sudah terlihat daun sejati sudah bisa dipindah dengan catatan harus dengan hati-hati.
  13. Setelah dipindah usahakan letakkan tanaman pada tempat semula atau ditempat yang ternaungi paling tidak selama 1 minggu, hal ini untuk memberikan waktu kepada tanaman untuk beradaptasi dengan media yang baru dan untuk merangsang pertumbuhan akar yang mungkin sempat terluka pada saat pemindahan tempat, bagaimana pun tanaman juga makhluk hidup.
  14. Setelah cukup besar tanaman mulai bisa dipapar sinar matahari langsung, tentunya secara bertahap.
  15. Pada saat mulai muncul bunga pertama maka buang semua bunga pertama yang muncul, hal ini untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman, karena bila bunga tidak dibuang maka pertumbuhan akan terkonsentrasi pada bakal buah.
  16. Biasanya pada tahun ke 2 baru bisa merasakan hasil strawberry yang ditanam dari biji ( ini bila dilakukan pembuangan bunga pertama dilakukan bila tidak maka akan lebih cepat berbuah). Atau bisa dipercepat dengan pemupukan yang teratur)
  17. Setelah besar tanaman strawberry akan tumbuh sulur-sulur, agar terlihat rapi potong sulur-sulur tersebut, dan tanam untuk dijadikan bibit. Pertunbuhan bibit yang ditanam dari sulur akan lebih cepat, sehingga mungkin beberapa waktu setelah itu anda sudah mempunyai banyak tanaman strawberry sendiri atau bisa dikatakan anda mempunyai kebun strawberry sendiri.

Di bawah ini foto tanaman strawberry saya kira-kira 2 bulan setelah semai, masih kecil dan perjalannya masih panjang.

foto strawberry dari biji

 

6 Oktober 2013

Dibawah ini foto tanaman strawberry yang di ambil tanggal 18 Desember 2013

Foto-0024

 

Produk terbaru

Rp 100.000 200.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePAK000013
Nama BarangPaket Promo 50% -26 jenis
Harga Rp 100.000 200.000
Anda HematRp 100.000 (50.00%)
Lihat Detail
Rp 9.000 10.000
habis
Rp 9.000 10.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeSKAL000002
Nama BarangKale Nero Di Toscana 20 biji
Harga Rp 9.000 10.000
Anda HematRp 1.000 (10.00%)
Lihat Detail
Rp 100.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodePAK27
Nama BarangPaket Benih Hemat 27
Harga Rp 100.000
Lihat Detail
Rp 9.000 10.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDHL000008
Nama Barangdahlia pompon mixed – 5biji
Harga Rp 9.000 10.000
Anda HematRp 1.000 (10.00%)
Lihat Detail
Rp 9.000 10.000
habis
Rp 9.000 10.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeSTOM000005
Nama BarangTomato Red Robin – 10 biji
Harga Rp 9.000 10.000
Anda HematRp 1.000 (10.00%)
Lihat Detail
Rp 9.000 10.000
Order Sekarang » SMS : 085742941920
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeVER000001
Nama BarangVerbena mixed – 10 biji
Harga Rp 9.000 10.000
Anda HematRp 1.000 (10.00%)
Lihat Detail